pesan hotel yuk

25 Rekomendasi Daftar Pesona Keindahan Wisata Hits Di Maros Sulawesi Selatan

25 Daftar Tempat Wisata di  Maros Sulawesi Selatan Harus Kamu Kunjungi -  Maros Sulawesi Selatan yakni Kota atau kabupaten yang terletak di provinsi sulawesi selatan Sebelum membahas keindahan wisata kota  Maros Sulawesi Selatan lebih baik kita harus tau sejarah nama kota  Maros Sulawesi Selatan dulu.Sejarah kota atau kabupaten Maros Sulawesi Selatan.

Di  Maros Sulawesi Selatan Lagi Hits Wisata Alam mirip pantai dan air terjun, Wisata Anak mirip pemandian atau wahana permainan anak, Wisata Edukasi mirip bisnis bisnis lokal yang inspiratif, Wisata Sejarah mirip candi atau bendungan. Sekali lagi saya katakan bahwa memang kota  Maros Sulawesi Selatan kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami.

Jika anda mendengar kota  Maros Sulawesi Selatan kota ini sangat identik dengan obyek wisatanya yang menjadikan ciri khas keindahan wisata kota Maros Sulawesi Selatan tersebut. Bahkan saking indahnya wisata di  Maros Sulawesi Selatan bisa menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata curugnya. yang sudah terekspose di dalam dan di luar negeri. Suasana Alam Kota  Maros Sulawesi Selatan  bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi oleh para ahli, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Yang mau lihat Daftar tempat wisata di kota  Maros Sulawesi Selatan yang lagi hits lengkap sambil jalan santai, ini ada destinasi wisata gres di  Maros Sulawesi Selatan . Asyiknya tuh terasa mirip di kampung pelosok Nusantara beneran. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Bagusnya lagi semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa kemudian hingga masa depan. Kaprikornus besar hati deh menjadi penduduk orisinil indonesia yang punya kebudayaan yang kaya begini. Kayaknya kita diingatkan kalau Indonesia akan cepat maju kalau berani membuatkan kebudayaan sendiri.

Maros Sulawesi Selatan merupakan destinasi wisata dunia yang di akui mempunyai keindahan alam dan budayanya yang unik. keindahan pantai pantai di  Maros Sulawesi Selatan pun menjadi pantai terindah di indonesia bahkan di dunia mirip berikut ini :.wisata di  Maros Sulawesi Selatan . Biasanya para wisatawan berkunjung itu ingin melihat keindahan objek wisata pantai dan ingin mengabadikan keindahan sunrise dan sunset. Tak heran objek wisata pantai sangat ramai di penuhi para wisatawan lokal dan mancanegara terutama pantai yang terdapat di kota  Maros Sulawesi Selatan.

Selain pantai di kota  Maros Sulawesi Selatan terkenal akan sungai dan air terjunnya yang bagai oase di padang pasir bagaimana bisa kalian tidak makin cinta dengan negeri yang kaya akan keindahan alam ini. Sudah sewajibnya kita bersyukur akan nikmat keindahan wisata alam kota  Maros Sulawesi Selatan diantara air yang jernih beserta udaranya segar belum terkontaminasi yang bisa menghilangkan rasa lelah sehabis sibuknya acara sehari hari. Inilah wisata kota  Maros Sulawesi Selatan yang wajib kita jaga dan lestarikan keindahannya.

1.New Keindahan Wisata Rumah Wisata Desa Salenrang di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Rumah Wisata Desa Salenrang di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya adalah  Wisata Rumah Wisata Desa Salenrang di Maros Sulawesi Selatan ini.  Wisata Rumah Wisata Desa Salenrang di Maros Sulawesi Selatan merupakan obyek wisata desa yang sangat terkenal di kota maros dan sekitarnya.

Wisata Rumah Wisata Desa Salenrang di Maros Sulawesi Selatan yakni desa di kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Indonesia. Desa ini terkenal semenjak UNESCO memasukkan tempat karst terbesar kedua di dunia,Wisata Rumah Wisata Desa Salenrang di Maros Sulawesi Selatan dalam daftar Situs Warisan Dunianya. Letaknya tidak terlalu jauh dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, dan hanya beberapa meter dari jalan poros Maros-Pangkep (pertigaan Bosowa).

Karena keindahan alamnya dan asrinya, Wisata Rumah Wisat a Desa Salenrang di Maros Sulawesi Selatansering dijadikan lokasi hunting foto Landscape dan spot foto model dengan tema Alam. Untuk para fotografer berkunjung ke Wisata Rumah Wisata Desa Salenrang di Maros Sulawesi Selatan pada pagi hari sangat indah lantaran kabut yang menyelimuti.Kondisi desa yang betul betul asri membuat para pengunjung hingga lupa ketika menghabiskan waktu ke tempat ini. Letak Wisata Rumah Wisata Desa Salenrang di Maros Sulawesi Selatan yang berada di Pedesaan menambah indah tempat ini.

2.New Keindahan Wisata Desa Tompobalang di Maros Sulawesi Selatan 




Wisata Desa Tompobalang di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya adalah  Wisata Desa Tompobalang di Maros Sulawesi Selatan ini.  Wisata Desa Tompobalang di Maros Sulawesi Selatan ini merupakan obyek wisata desa yang terkenal di kota maros dan sekitarnya. Wisata Desa Tompobalang di Maros Sulawesi Selatan ini biasanya ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang liburan ataupun hari minggu.

Banyak wisatawan yang ingin tau dengan keindahan Wisata Desa Tompobalang di Maros Sulawesi Selatan ini.selain keindahan suasana desa, Wisata Desa Tompobalang di Maros Sulawesi Selatan ini juga menyajikan banyak sekali keunikan yang tersembunyi,wisatawan bisa menikmati sejuknya udara pagi yang masih alami,selain itu suasana di  Wisata Desa Tompobalang di Maros Sulawesi Selatan ini membuat para wisatawan betah berlama usang di  Wisata Desa Tompobalang di Maros Sulawesi Selatan ini.

selain itu tersedia juga banyak sekali macam masakan di  Wisata Desa Tompobalang di Maros Sulawesi Selatan ini sehingga para wisatawan tidak perlu resah bingung mencari tempat makan lantaran di  Wisata Desa Tompobalang di Maros Sulawesi Selatan ini sudah tersedia semuanya.


3. New Keindahan Wisata Gua Pattunuang di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Gua Pattunuang di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya yakni Wisata Gua Pattunuang di Maros Sulawesi Selatan ini. Wisata Gua Pattunuang di Maros Sulawesi Selatan  Obyek wisata Gua Pattunuang selain kaya akan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan, juga panorama alam sekitarnya sangat menawan dan Indah.

Berbagai spesies tumbuhan dan fauna yang tergolong langka sanggup dijumpai ditambah dengan bentangan pegunungan yang curam dan bertebing menjadikan tempat ini sangat ideal sebagai daerah tujuan wisata petualangan, panjat tebing dan pendidikan.

Wisata Gua Pattunuang di Maros Sulawesi Selatan ini sangat cocok untuk wisatawan yang suka petualangan dan juga untuk pecinta alam,karena untuk mencapai  Wisata Gua Pattunuang di Maros Sulawesi Selatan ini di butuhkan usaha yang sangat keras, namun sehabis hingga di  Wisata Gua Pattunuang di Maros Sulawesi Selatan ini rasa lelah akan hilang,dengan melihat keindahan yang ada di  Wisata Gua Pattunuang di Maros Sulawesi Selatan ini.

4.New Keindahan Wisata Alun Alun Kota di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Alun Alun Kota di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.
Kota Maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya adalahWisata Alun Alun Kota di Maros Sulawesi Selatan ini. Wisata Alun Alun Kota di Maros Sulawesi Selatan merupakan obyek wisata alun alun yang sangat terkenal di kota maros dan sekitarnya.

Wisata Alun Alun Kota di Maros Sulawesi Selatan merupakan obyek wisata berupa taman kota yang sangat di minati oleh masyarakat maros dan sekitarnya.Wisata Alun Alun Kota di Maros Sulawesi Selatan lantaran selain indah dan asri terdapat juga tempat bermain bagi anak anak,sehingga banyak di minati oleh masyarakat maros sebagai tempat wisata,

selain itu juga terdapat banyak penjual masakan di sekitar Wisata Alun Alun Kota di Maros Sulawesi Selatan, sehingga wisatawan tidak usah resah bingung lantaran tersedia banyak sekali kuliner.Wisata Alun Alun Kota di Maros Sulawesi Selatan ini sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang hari ahad atau hari libur.


5.New Keindahan Wisata Taman Makam Pahlawan di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Taman Makam Pahlawan di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya adalah  Wisata Taman Makam Pahlawan di Maros Sulawesi Selatan ini. Wisata Taman Makam Pahlawan di Maros Sulawesi Selatan merupakan obyek wisata yang berupa makam pendekar yang ada di kota maros. Wisata Taman Makam Pahlawan di Maros Sulawesi Selatan ini tolong-menolong bukan tempat wisata, namun di jadikan sebagai tempat ziarah untuk warga maros dan sekitarnya.

Wisata Taman Makam Pahlawan di Maros Sulawesi Selatan ini sangat ramai di kunjunggi menjelang hari pendekar atau hari peringatan paa pahlawan, Wisata Taman Makam Pahlawan di Maros Sulawesi Selatan ini memang di buat khusus untuk mengenang jasa para pahlawan.selain tempatnya yang higienis dan juga bagus,tempat ini juga ada yang menjaga sehingga terurus tidak berantakan.sehingga kalau ada keluarga atau wisatawan yang ingin berziarah ke tempat ini bisa kapan saja lantaran ada juru kunci di Wisata Taman Makam Pahlawan di Maros Sulawesi Selatan.


6.New Keindahan Wisata Bukit Tamangura di Maros Sulawesi Selatan 


Wisata Bukit Tamangura di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya yakni Wisata Bukit Tamangura di Maros Sulawesi Selatan ini. Wisata Bukit Tamangura di Maros Sulawesi Selatan merupakn obyek wisata alam yang sangat terkenal di kota maros dan sekitarnya,Wisata Bukit Tamangura di Maros Sulawesi Selatan Khusus untuk Bukit Tamangura, mempunyai potensi wisata yang akan dijadikan destinasi baru. Keunggulan bukit ini yakni adanya watu berbentuk tubuh kerbau. Bukit ini terletak di Dusun Samariga Desa Baruga Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

Batu berbentuk tubuh kerbau itu ternyata pernah terkenal di kalangan masyarakat Maros, disebut juga situs kerbau lantaran watu yang berada di bukit ini dipercaya sebagai jelmaan potongan tubuh kerbau.
Selain watu berbentuk unik, dari atas bukit ini bisa dinikmati deretan kars Maros yang menjulang tinggi yang menghasilkan lorong-lorong watu yang indah, area persawahan yang ada di sekitar bukit, juga indahnya matahari terbenam di ufuk barat.

Wisata Bukit Tamangura di Maros Sulawesi Selatan ini biasanya ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang hari ahad ataupun hari libur,banyak wisatawan yang tiba ke Wisata Bukit Tamangura di Maros Sulawesi Selatan ini untuk melihat keindahan alam yang masih alami dari atas bukit.

7.New Keindahan Wisata Air Terjun Taipa di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Air Terjun Taipa di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota Maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya adalahWisata Air Terjun Taipa di Maros Sulawesi Selatan,Air terjun yang berlokasi kurang lebih dari tiga puluh kilo meter dari pusat kota itu berjulukan Air Terjun Taipa, terletak di Desa Taipa, Kecematan Tompobulu, Maros.Air terjun ini disebut sebagai jeram Taipa lantaran terletak pada pegunungan yang  desa Taipa dan terdapat sekitar tujuh tingkatan yang semakin ke atas semakin terjal medannya.

Wisata Air Terjun Taipa di Maros Sulawesi Selatan ini biasanya ramai di kunjunggi lh wisatawan menjelang hari ahad ataupun hari libur, banyak wisatawan yang tiba untuk melihat keindahan Wisata Air Terjun Taipa di Maros Sulawesi Selatan ini,Wisata Air Terjun Taipa di Maros Sulawesi Selatan ini sangat cocok untu para petualang ataupun para pecinta alam lantaran untuk menuju Wisata Air Terjun Taipa di Maros Sulawesi Selatan ini di butuhkan usaha yang keras, namun kelelahan akan terbayar sehabis hingga di Wisata Air Terjun Taipa di Maros Sulawesi Selatan ini.

segarnya jeram taipa ini bisa membuat para wisatawan berlama usang di Wisata Air Terjun Taipa di Maros Sulawesi Selatan ini,di tambah lagi dengan sejuknya udara di dalam hutan semakin menambah menarik suasana,banyak wisatawan yang mengabadikan dengan cara berfoto selfi di Wisata Air Terjun Taipa di Maros Sulawesi Selatan ini.

8.New Keindahan Wisata Air Panas Rea Toa di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Air Panas Rea Toa di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya yakni Wisata Air Panas Rea Toa di Maros Sulawesi Selatan ini. Wisata Air Panas Rea Toa di Maros Sulawesi Selatan merupakan obyek wisata air yang sangat terkenal di kota maros dan sekitarnya.Air Panas Reatoa merupakan wisata alam lantaran jeram panasnya itu, alami turun dari gunung,Wisata Alam Air Panas Reatoa terletak di Desa Realolo, Kelurahan Samaenre, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

air panas ini dinamakan reatoa, namun berdasarkan warga sekitar yang bermukim sempurna di bersahabat jeram panas ini, katanya air panas ini berjulukan realolo, tapi lantaran rea toa sudah sangat terkenal, maka masyarakat tetap mengatakan nama reatoa. di Wisata Air Panas Rea Toa di Maros Sulawesi Selatan terdapat dua jeram yang berdampingan, dimana jeram yang pertama ini merupakan jeram panas yang alami, kemudian yang kedua air terjunnya sangat-sangat dingin,

jadi ketika anda tiba kesini, anda bisa memilih, mau mandi dengan air hambar ataukah mau mandi dengan air panas.Wisata Air Panas Rea Toa di Maros Sulawesi Selatan ini biasanya sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang hari ahad ataupun hari libur,banyak yang tiba dengan rombongan keluarganya atau dengan sahabat sekantornya.

9.New Keindahan Wisata Pantai Kuri di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Pantai Kuri di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya adalahWisata Pantai Kuri di Maros Sulawesi Selatan ini.Wisata Pantai Kuri di Maros Sulawesi Selatan merupakan obyek wisata pantai yang sangat terkenal di kota maros dan sekitarnya,Pantai Kuri yakni Pantai yang sanggup dijadikan destinasi wisata pada ketika anda berlibur dengan keluarga ataupun teman, lantaran di pantai kuri ini anda bisa menjumpai hamparan pasir putih yang sangat luas, selain itu anda juga bisa menjumpai udara segar yang ada di hutan mangroove yang ada di daerah sekitar pantai kuri.

Pantai Kuri, bisa dibilang merupakan pantai yang sangat strategis,  lantaran pantai kuri terletak bersahabat dengan makassar dan juga tentunya ada di kabupaten Maros. Untuk bisa mencapai pantai kuri anda perlu waktu kurang lebih 15 menit dari Bandara Sultan Hasanuddin Maros dengan mobil/motor. Wisata Pantai Kuri di Maros Sulawesi Selatan ini sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang hari libur atau hari minggu,banyak wisatawan yang tiba bersama keluarga ataupun rekan kerja untuk menikmati liburan.

10.New Keindahan Wisata Air Terjun Tujua di Maros Sulawesi Selatan 




Wisata Air Terjun Tujua di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Maros  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota Maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya adalah  Wisata Air Terjun Tujua di Maros Sulawesi Selatan ini.  Wisata Air Terjun Tujua di Maros Sulawesi Selatan merupakan wisata alam yang terkenal di kota maros dan sekitarnya.

Wisata Air Terjun Tujua di Maros Sulawesi Selatan merupakan salah satu jeram maros yang sangat segar, lantaran mata airnya berasal dari pegunungan daerah tompobulu, serta di daerah sekitar jeram ini bisa dibilang alamnya masih alami lantaran masih jarang di kunjungi jadi akomodasi yang disediakan pun sudah terang tidak ada, namun kalau anda tiba hari libur kesini (sabtu/minggu) akan ada beberapa warga yang menjual kuliner & minuman ringan untuk anda konsumsi kalau anda lupa membawanya dari rumah.

Pada ketika anda berada di jeram ini, anda sanggup mengabadikan momen anda dengan berfoto bersama teman, memanjat di bebatuan jeram untuk berfoto, lantaran di tingkat 2 jeram ini ternyata terdapat sebuah goa yang terbuat dari batu, sempurna di bawah air terjun, jadi kalau anda ingin mencicipi sensasi memasuki goa dibawah jeram jangan lupa untuk manjat ketika hingga disini, tetapi ingat tetap jaga keamanan. Wisata Air Terjun Tujua di Maros Sulawesi Selatan ini sangat cocok sekali bagi wisatawan yang suka petualangan ataupun para pecinta alam.

11.New Keindahan Wisata Pucak Teaching Farm di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Pucak Teaching Farm di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota Maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya adalah  Wisata Pucak Teaching Farm di Maros Sulawesi Selatan, Wisata Pucak Teaching Farm di Maros Sulawesi Selatan merupakan obyek wisata air yang sangat terkenal di kota maros dan sekitarnya,Pucak Teaching farm sudah dilengkapi dengan 3 buah kolam, kolam untuk orang remaja dua buah dan kolam untuk anak anak. Pada salah satu kolam renang yang airnya jernih terdapat seluncuran yang bisa digunakan sebagai arena bermain baik anak anak maupun orang dewasa.

Selanjutnya ada juga danau yang terletak dibagian belakang PTF, pada danau tersebut terdapat banyak ikan peliharaan, jenis ikan yang dipelihara disitu yakni ikan patin. Selanjutnya ada padang rumput dengan tumbuhan rumput dan pohon pohon jeruk dan ada beberapa kuda peliharaan yang bebas merumput disana. Disamping itu ada padang yang ditempati beberapa ekor kijang, serta ada juga kolam buayanya.

Wisata Pucak Teaching Farm di Maros Sulawesi Selatan  ini sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang liburan ataupun hari minggu, banyak wisatawan yang menikmati liburan di  Wisata Pucak Teaching Farm di Maros Sulawesi Selatan ini,apalagi tiba bersama keluarga.

12.Wisata Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung di Maros Sulawesi Selatan




Wisata Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya yakni Wisata Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung di Maros Sulawesi Selatan ini.Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung mempunyai banyak sekali keunikan, yaitu: karst, goa-goa dengan stalaknit dan stalakmit yang indah, dan yang paling dikenal yakni kupu-kupu. Bantimurung oleh Alfred Russel Wallace dijuluki sebagai The Kingdom of Butterfly (kerajaan kupu-kupu.

Wisata Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung di Maros Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang menyuguhkan wisata alam berupa lembah bukit kapur yang curam dengan vegetasi tropis, air terjun, dan gua yang merupakan habitat bermacam-macam spesies [termasuk [kupu-kupu]].Wisata Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung di Maros Sulawesi Selatan ini memang menonjolkan kupu-kupu sebagai daya tarik utamanya. Di tempat ini sedikitnya ada 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi pemerintah dan ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 7/1999.

Beberapa spesies unik bahkan hanya terdapat di Sulawesi Selatan, yaitu Troides Helena Linne, Troides Hypolitus Cramer, Troides Haliphron Boisduval, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana. Antara tahun 1856-1857, Alfred Russel Wallace menghabiskan sebagian hidupnya di tempat tersebut untuk meneliti banyak sekali jenis kupu-kupu. Wallace menyatakan Bantimurung merupakan The Kingdom of Butterfly (kerajaan kupu-kupu).

Menurutnya di lokasi tersebut terdapat sedikitnya 250 spesies kupu-kupu.Lokasi wisata ini juga memeliki dua buah gua yang bisa dimanfaatkan sebagai wisata minat khusus. Kedua gua itu yakni Gua Batu dan Gua Mimpi. Selain di tempat Bantimurung, Wisata Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung di Maros Sulawesi Selatan  mempunyai banyak sekali macam lokasi ekowisata yang menarik. Di sana terdapat lebih dari 80 Gua alam dan Gua prasejarah yang tersebar di tempat karst Wisata Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung di Maros Sulawesi Selatan.

13.New Keindahan Wisata Wae Merrungnge di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Wae Merrungnge di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya yakni Wisata Wae Merrungnge di Maros Sulawesi Selatan Marrungnge yang sempurna berada di Desa Tompo Balang, Kelurahan Kalabbireng, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros Sulawesi  Selatan. Wisata Wae Merrungnge di Maros Sulawesi Selatan merupakan obyek wisata telaga yang sangat terkenal di kota maros dan sekitarnya.

Telaga wae Marrungnge atau yang dikenal juga dengan sebutan “Blue Water Sound”mempunyai arti sendiri yang dari asal katanya “wae” berarti “air” dan “Marrungnge” berarti “bunyi yang keras” yang bila di gabungkan Wae Marrungnge bisa diartikan sebagai “Mata Air yang Memanggil-manggil dari Kejauhan”. Telaga Wae Marrungnge jauh lebih indah dari foto yang dilihat.

Dimulai dari jajaran pepohonan yang rindang, berkolaborasi dengan air telaga yang jernih, sangat memanjakan mata kami seluruh anggota tim. Tanpa membuang waktu lantaran kami harus segera kembali ke starting point secepatnya semoga tidak hingga kemalaman lagi, sebagian dari tim pun pribadi menyempatkan diri untuk mencicipi segarnya air di Telaga Wae Marrungnge dengan berendam dan berenang.

14.New Keindahan Wisata Cagar Alam Karaenta di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Cagar Alam Karaenta di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya adalah  Wisata Cagar Alam Karaenta di Maros Sulawesi Selatan ini.  Wisata Cagar Alam Karaenta di Maros Sulawesi Selatan merupakan obyek wisata alam yang sangat terkenal di kota maros dan sekitarnya, Cagar Alam Karaenta yakni Kawasan Hutan yang ada di Kec.Cenrana, Kab.Maros, Indonesia yang merupakan hutan yang dilindungi , lantaran tempat hutan ini tempat berdiamnya banyak sekali macam spesies tumbuhan dan fauna, dan juga banyak sekali keaneka ragaman hayati yang biasanya digunkana untuk penelitian ilmiah.

Selain sebagai tempat berdiamnya tumbuhan dan fauna, hutan yang ada di cagar alam karaenta juga berfungsi sebagai tempat yang mempertahakankan cadangan air bawah tanah.Cagar Alam Karaenta sangat cantik menjadi destinasi wisata untuk anda pecinta tumbuhan dan fauna, lantaran di Cagar Alam merupakan habitat orisinil dari Jenis Kera yang langkah yaitu Kera Macaca Maura ,Spesies jenis ini merupakan spesies yang dilindung, lantaran spesies ini merupakan aset negara, hal ini dikarenakan habitat dari macaca maura sudah langkah dan mungkin saja sudah hampir punah.

Ciri-ciri dari Primadona di Cagar Alam Karaenta yaitu Macaca Maura yakni simpanse yang berwarna hitam dan tidak mempunyai ekor, Kera ini tergolong dalam simpanse yang liar lantaran mendengar bunyi sedikit saja kawanannya pun akan lari untuk bersembunyi dihutan, oleh lantaran itu tidak semua orang beruntung untuk melihatnya ketika tiba ke cagar alam karaenta. Untuk sanggup melihat macaca maura diharapkan derma dari pawangnya/polisi hutan yang dikenal dengan sebutan Jagawana.

15.New Keindahan Wisata Karst Rammang Rammang di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Karst Rammang Rammang di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya yakni Wisata Karst Rammang Rammang di Maros Sulawesi Selatan ini.Kawasan karst Rammang-rammang di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan kini telah menjadi salah satu tujuan wisata penting di Sulawesi Selatan. Tidak hanya lantaran keindahan panorama alamnya, jaraknya yang hanya sekitar 40 km dari Kota Makassar menjadi pertimbangan tersendiri bagi wisatawan dari luar.Kawasan ini memang mempunyai pesona tersendiri.

Untuk mencapainya kita pertama harus menyusuri sungai dengan batu-batu besar, mirip tumbuh dari dasar sungai. Sekelilingnya yakni aneka tumbuhan mangrove alami. Pada titik tertentu kita harus melewati celah watu yang cukup muat untuk dilewati perahu.Tiba di lokasi, kondisinya juga semakin baik. Dermaga yang semakin luas dan lebih aman, bukan lagi kumpulan bambu dan kayu yang dijejer seadanya. Sebuah loket ditempatkan di pintu masuk. Harus membayar tarif Rp3000 per orang untuk masuk tempat ini.

Ada banyak titik yang bisa dikunjungi di tempat ini. Di antaranya yakni situs Passaung, Padang Ammarung, Gua Berlian dan Gua Kelelawar. Namun tak semua pengunjung bisa ke titik tersebut. Paling banyak hanya keliling tempat untuk berfoto dengan latar belakang gunung karts dan areal persawahan. Suasana yang sunyi dan sejuk membuat orang akan betah berlama-lama di Wisata Karst Rammang Rammang di Maros Sulawesi Selatan ini.

16.New Keindahan Wisata Air Terjun Lengang Laiya di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Air Terjun Lengang Laiya di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya adalah  Wisata Air Terjun Lengang Laiya di Maros Sulawesi Selatan, Air Terjun Lengang Laiya dinamakan demikan lantaran letaknya yang berada di Desa Laiya, yakni perkampungan yang terbentuk akhir pertemuan tempat persinggahan gerilya di zaman dahulu.

Yang membuat jeram ini lebih menarik yakni medan yang dilalui serta keindahan sepanjang jalan menuju jeram tersebut. Jalan berbatu dibungkus dengan tanah liat, juga tanjakan-tanjakan serta tikukangan-tikungan tajam menambah daya berpetulang tempat tersebut. Air Terjun ini mempunyai 2 tingkat. Yakni pada pecahan atas air terjun.

Dari spot tersebut kita sanggup menyaksikan keindahan air terjunnya dari atas. Bebatuan yang tersebar tak beraturan dengan ukuran yang berbeda-beda namun indah. Lalu, pecahan bawah, untuk bisa mencapai tempat tersebut kita perlu menuruni  bukit-bukit kecil dengan medan yang tak kalah extremenya. Wisata Air Terjun Lengang Laiya di Maros Sulawesi Selatan ini sangat cocok sekali bagi wisatawan yang suka petualangan.

17.New Keindahan Wisata Helena Sky Bridge di Maros Sulawesi Selatan


Wisata Helena Sky Bridge di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya yakni Wisata Helena Sky Bridge di Maros Sulawesi Selatan ini. Wisata Helena Sky Bridge di Maros Sulawesi Selatan merupakan objek wisata gres yang memperlihatkan tempat penangkaran kupu-kupu dengan sensasi berbeda. Sebelum melihat kelucuan kupu-kupu beterbangan, pengunjung harus melaksanakan tracking terlebih dahulu dari loket. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan melintasi jembatan gantung sepanjang 50 meter di lereng tebing dengan ketinggian kurang lebih 100 mdpl. Selain sanggup menikmati keindahan taman nasional dari atas, mereka juga bisa melihat aneka kupu-kupu yang berada di ‘kubah raksasa’.Sebagian besar dari wisatawan yang berkunjung ke Helena Sky Bridge ini menentukan untuk berlama-lama di atas jembatan.

Selain menikmati alam, mereka bisa berfoto untuk mengabadikan pengalaman seru. Kamu yang takut ketinggian, tidak perlu was-was ketika ingin mencoba jalur lintasanya. Petugas Helena Sky Bridge sudah menyediakan alat keamanan yang lengkap dan tentu saja memadai. Jadi, siapapun yang berjalan di jembatan bakal kondusif hingga hingga tujuan.Helena Sky Bridge salah satu sarana alternatif berwisata untuk meningkatkan fungsi sanctuary spesies kupu-kupu.

Dua menara raksasa merupakan penghubung jembatan gantung, Nama Helena Sky Bridge terinspirasi dari nama spesies kupu-kupu Triodis Helena. Jembatan langit diatas penangkaran raksasa membentang sepanjang 50 meter ini yang sangat terkenal di kota maros,. Untuk bisa melintas jembatan gantung kita harus memanjat tower terlebih dahulu, tapi tidak usah khawatir akan keamanannya, lantaran untuk melintasi Helena Sky Bridge, akan dibekali peralatan safety berupa helm, slin yang direkatkan pada jembatan oleh petugas setempat.

18.New Keindahan Wisata Air Terjun Lacolla di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Air Terjun Lacolla di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya yakni Wisata Air Terjun Lacolla di Maros Sulawesi Selatan ini. Wisata Air Terjun Lacolla di Maros Sulawesi Selatan merupakan obyek wisata air yang sangat terkenal di kota maros dan sekitarnya. namun untuk menuju kesana perlu usaha yang kera,kesulitannya yakni ketika melintasi sisi jalan bertangga yang berada di dinding tebing yang ketinggiannya sekitar 300 meter di atas sungai.

Adrenalin pengunjung teruji lantaran jalur anak tangga yang berkelok-kelok mengikuti kontur tebing tersebut belum dilengkapi pegangan tangan.Namun, rasa lelah dan ketegangan yang mungkin terasa selama perjalanan ke jeram akan terbayar dengan panorama jeram dan udara segar di sekitarnya.Air Terjun Lacolla mempunyai tiga tingkatan dimana terdapat bebatuan besar di bawah jeram yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk terapi jeram atau berteduh di bawahnya .

Derasnya air yang jatuh menjadikan busa dan bulir-bulir air kemudian tumpah mengalir mengikuti arus sungai. Jika anda berkunjung kesini anda akan dimanjakan dengan pemandangan,kesegaran alam yang menyegarkan anda, dan juga anda bisa mandi di di jeram ini dengan air segar yang mengalir dari bebatuan, dimana mata air ini merupakan air yang mengalir dari mata air bukit malaka.Selain menikmati keindahan yang diberikan air terjun lacolla yang merupakan jeram bertingkat, anda pun bisa mencicipi keindahan dari bebatuan dan tebing-tebing yang tersusun indah,yang berada bersahabat dengan jeram lacolla.

19.New Keindahan Wisata Air Terjun Bantimurung di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Air Terjun Bantimurung di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya yakni Wisata Air Terjun Bantimurung di Maros Sulawesi Selatan berada di dalam tempat Taman Nasional Bantimurung, Sulawesi Selatan, sebuah nama yang abnormal di indera pendengaran hingga seorang sahabat menyarankan semoga saya pergi ke sana untuk melihat penangkaran kupu-kupu. Perjalanan dari Makassar ke Bantimurung cukup lama, lebih dari satu jam, ketika kemudian lintas lancar.

Air Terjun Bantimurung Maros dengan lintasan airnya berupa batuan lebar, bergelombang panjang, dengan permukaan halus dan indah, tempat dimana sebagian besar pengunjung menghabiskan waktu selain melihat kupu-kupu dan mencari monyet. Berbeda dengan kebanyakan air terjun, pengunjung tidak perlu turun ke lembah untuk bisa melihatnya.

Lantaran bentuk rambatannya, Air Terjun Bantimurung yang tingginya tak kurang dari 30 meter ini tidak membuat palung besar di bawahnya. Selain lantaran dasar jeram berupa batuan keras yang luas dan panjang, juga lantaran kontur landai batuan yang menjadi rambatan air terjunnya bisa secara efektif mengurangi daya hantam air ketika jatuh ke bawah.Karena itulah dasar Air Terjun Bantimurung Maros menjadi tempat kondusif yang sangat digemari para pengunjung untuk mencicipi pijatan jeram yang sejuk dan jernih.

20.New Keindahan Wisata Air Terjun Pungbunga di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Air Terjun Pungbunga di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya yakni Wisata Air Terjun Pungbunga di Maros Sulawesi Selatan ini. Wisata Air Terjun Pungbunga di Maros Sulawesi Selatan merupakan nama yang baru, dulunya jeram ini berjulukan jeram bontosomba namun lantaran pemekaran yang terjadi di daerah ini, maka jeram ini diganti namanya menjadi jeram pumbunga, yang kini berada dalam tempat desa bonto manurung.

Air terjun ini sangat indah, lantaran memadukan keindahan air terjun, bunyi gemuruh jeram , jernihanya air dan segarnya jeram yang berada di daerah pegunungan di tompobulu ini.Untuk menemukan jeram ini tolong-menolong sangat mudah, akan tetapi kanal jalan menuju jeram ini belum terlalu baik, maka dari itu perjalanan yang biasanya bisa dilakukan dalam satu jam, menjadi lebih usang yaitu hingga dua jam.

Namun kabar baiknya jalan tersebut bisa ditempuh dengan memakai motor, akan tetapi siapkan mental dan fisik anda lantaran perjalanan akan menguras tenaga dan juga sedikit kesabaran anda akan diuji.Air terjun Pung Bunga sendiri cukup unik, jeram ini bersusun dua dengan dasar sebuah kolam alami yang bisa digunakan para penikmat wisata untuk berenang, jeram Pung Bunga Ini masih cukup alami, belum tersentuh tata kelola tangan insan jadi sungguh eksotis berada di tempat ini. Air Terjun Pung Bunga merupakan jeram yang tidak surut sepanjang tahun, namun pada pubncak kemarau debit airnya relatif surut.

21.New Keindahan Wisata Taman Leang Leang di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Taman Leang Leang di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya adalah  Wisata Taman Leang Leang di Maros Sulawesi Selatan.  Wisata Taman Leang Leang di Maros Sulawesi Selatan ini terletak di dalam wilayah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di daerah Maros Pangket. Pegunungan Karst yang sudah berumur ribuan tahun ini diakui sebagai tempat karst terbesar ketiga di dunia sehabis Guangzhou di China dan di Teluk Halong, Vietnam.

Meliputi area seluas 43.750 hektar, wilayah ini mempunyai 286 goa dengan lebih dari 30 goa prasejarah. Selain itu juga ditemukan benda bahari berupa karang yang mengambarkan bahwa gua tersebut pernah karam dan dikelilingi oleh lautan.Untuk masuk ke objek wisata Leang Leang, Anda dikenai biaya karcis untuk turis abnormal : Rp. 10.000/orang, turis lokal : Rp. 3.000/orang, anak sekolah/rombongan : Rp.2.000/orang. Taman Prasejarah Leang-Leang sebagai obyek wisata andalan Sulawesi Selatan, mempunyai pemandangan yang cukup indah, dihiasi dengan tebing-tebing curam yang menjulang tinggi di sekitar taman, perkebunan di seberang jembatan yang ditanami sesuai trend serta pohon-pohon rindang.

 Wisata Taman Leang Leang di Maros Sulawesi Selatan Memiliki hawa yang sejuk yang dipadukan dengan bunyi air sungai yang mengalir di taman prasejarah ini dan terdapat 4 gazebo yang bisa digunakan para pengunjung kalau mengunjungi taman ini untuk sekedar duduk-duduk dengan keluarga atau pasangannya. di  Wisata Taman Leang Leang di Maros Sulawesi Selatan  ini terdapat dua gua (leang) yang menjadi daya tarik utama para pengunjung yaitu Leang Pettae dan Leang Petta Kere. Dengan stalaktit indah yang terus meneteskan air. Hal yang menarik dari tempat ini yakni adanya lukisan-lukisan dinding pada goa-goa di Leang-Leang.

22.New Keindahan Wisata Rammang-Rammang di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Rammang-Rammang di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya yakni Wisata Rammang-Rammang di Maros Sulawesi Selatan Rammang-Rammang yakni sebuah tempat di deretan pegunungan karst (kapur) Maros-Pangkep. Letaknya di desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, sekitar 40 km di sebelah utara Kota

Makassar.Rammang-Rammang sanggup ditempuh melalui jalur darat dengan kendaraan bermotor dalam waktu kurang lebih 2 jam dari Kota Makassar. Rammang-Rammang gampang dijangkau lantaran terletak hanya beberapa meter dari jalan raya lintas provinsi.Nama "Rammang-Rammang" berasal dari Bahasa Makassar, di mana kata rammang berarti "awan" atau "kabut". Kaprikornus rammang-rammang berarti sekumpulan awan atau kabut. Menurut dongeng penduduk setempat, tempat ini diberi nama Rammang-Rammang lantaran awan atau kabut yang selalu turun, terutama di pagi hari atau ketika hujan.

Tempat yang menarik di tempat ini yakni taman hutan watu kapur, telaga Bidadari, gua Bulu' Barakka’, gua Telapak Tangan, gua Pasaung, sungai Pute dan kampung Berua.Luas haman hutan watu Kapur Rammang-Rammang bertebar yakni 45 000 hektar (45à km²) dan merupakan tempat karst terbesar ketiga di dunia, sehabis Tsingy di Madagaskar dan Shilin di Tiongkok. Terdapat dua kompleks taman hutan watu di Rammang-Rammang, yakni di utara dan di selatan.Tak terasa menyusuri keindahan suasana disekitar Sungai Pote dengan ekosistem yang ibarat sebuah rawa dengan tumbuhan gambut yang banyak dijumpai pada beberapa titik.

23.New Keindahan Wisata Danau Kassi Kebo di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Danau Kassi Kebo di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya yakni Wisata Danau Kassi Kebo di Maros Sulawesi Selatan, Letak Danau Kassi Kebo ini berada sehabis Air Terjun Bantimurung. Selain di kenal dengan sebutan Danau Kassi Kebo danau ini di sebut juga Danau Toakala.

Danau Kassi Kebo berjarak sekitar 800 meter dari Air terjun Bantimurung, melewati jalan setapak dan ratusan anak tangga. Memang agak melelahkan melewati anak tangga tersebut, tapi setelahnya Anda akan melalui jalan setapak dengan pepohonan rindang di pinggirnya. Udara sejuk pun terasa menyegarkan raga kembali.Di samping jalan setapak ini akan Anda lihat adanya aliran sungai yang berwarna hijau tosca. Itu yakni aliran dari Danau Kassi Kebo dan bisa Anda nikamati sepanjang perjalanan menuju ke sana.

Selain itu Anda juga bisa menikmati kicauan burung-burung yang menghuni hutan Taman Nasional Bantimurung ini. Anda juga akan melewati sebuah makam  yang ada di sebelah kiri jalan setapak, makam tersebut yakni makam Raja Toakala.Wisata Danau Kassi Kebo di Maros Sulawesi Selatan Memiliki tepian pasir putih dan gradasi air berwarna biru kehijauan semakin menambah keindahan Danau Kassi Kebo yang mempesona. Bonusnya lagi Anda sanggup melihat kumpulan Kupu-kupu yang singgah di sekitaran danau ini. Tidak hanya satu, tapi puluhan bahkan ratusan kalau beruntung. Tepian Danau Kassi Kebo memang menjadi tempat favorit kupu-kupu untuk berkumpul.

24.Keindahan Wisata Taman Purbakala Sumpang Bita di Maros Sulawesi Selatan 


Wisata Taman Purbakala Sumpang Bita di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros   juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya adalah  Wisata Taman Purbakala Sumpang Bita di Maros Sulawesi Selatan,Nama sumpang bita berasal dari padanan kata sumpang dan bita dimana sumpang artinya pintu dan bita artinya kampong. Dahulu goa ini ditempati oleh orang – orang toala artinya orang yang tinggal di hutan. Gua ini hasilnya ditemukan pertama kali pada tahun 1902 oleh orang kebangsaan swiss berjulukan Friss dan Paul Sarassin.

Bila pertama kali tiba ke tempat ini anda akan mencicipi perjalanan yang jauh dan melelahkan, namun ketika memasuki gerbang simpang bita semuanya akan hilang dengan suguhan taman – taman yang tertata rapi dan sangat indah, terdapat watu – watu yang tersusun, tempat ini sudah dikelola dengan baik oleh pihak pemerintah demi kenyamanan pengunjung.Di atas gunung terdapat 2 gua yaitu Leang Sumpang Bita dan Leang Bulu Sumi dimana keduanya terletak berjauhan dan dibatasi oleh bukit kapur.

Di dalam gua sumpang bita anda akan dibentuk takjub dengan melihat bukti histori mengenai masyarakat masa lampau yang belum mempunyai rumah sehingga mereka menentukan tinggal di dalam gua. Walaupun tinggal di dalam gua masyarakat tersebut sudah mempunyai kemampuan untuk mendeskripsikan indrawinya ke dalam media yang dibuktikan dengan adanya gambar lukisan yang cukup banyak di dinding gua.

Di dalam gua terdapat  gambar telapak tangan dan kaki negatif, lukisan babi rusa, lukisan perahu, serta cangkang molusca. Cap tangan berjumlah 69 buah, lukisan babi rusa 12 buah, lukisan bahtera 1 buah. Lukisan ini dibentuk oleh masyarakat toala memakai materi alami mirip daun sirih dengan pelengkap tanah liat sebagai materi perekat sehingga semua lukisan sanggup bertahan hingga hari ini.

25.Wisata Religi Masjid Al Markaz Al Islami di Maros Sulawesi Selatan 



Wisata Religi Masjid Al Markaz Al Islami di Maros Sulawesi Selatan merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi lantaran pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah maros  juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota Maros juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu misalnya yakni Wisata Religi Masjid Al Markaz Al Islami di Maros Sulawesi Selatan ini.Masjid yang terletak sempurna di depan kantor bupati tersebut merupakan kesatuan bangunan yang sangat megah. Bisa dikatakan, rumah ibadab ini menjadi pendamping kemegahan Masjid Al- Markaz Al-lslami yang terdapat di Kota Makassar.

Salah satu daya tarik dan keunikan masjid ini yakni kubahnya yang berwarna merah putih. Halaman parkir dan taman yang luas juga menjadi faktor pendukung signifikan kemegahannya.Badan bangunan masjid juga tak kalah anggun. Dengan titik sentral bangunan berupa tangga dilingkupi relung tembok besar menjulang tinggi hingga ke pecahan paling atas, bangunan tampak sangat kokoh namun artistik.

Menaiki tangga menuju ruang dalam masjid, pengunjung akan disambut beduk yang diklaim sebagai beduk terbesar di Sulawesi Selatan dan didatangkan khusus dari Jepara.Bagian dalam ruang utama sangat luas dan megah lantaran tidak tertutup oleh lantai di atasnya yang hanya mengitari pecahan sisi ruang utama. Plafon ruangan yang mengikuti bentuk kubah dengan aksen lampu gantung hias menambah keindahan ruangan. Pencahayaan ruangan juga memesona. Cahaya alami masuk melalui bukaan jendela yang terhampar di sepanjang dinding masjid.


















25 Rekomendasi Daftar Pesona Keindahan Wisata Hits Di Maros Sulawesi Selatan 25 Rekomendasi Daftar Pesona Keindahan Wisata Hits Di Maros Sulawesi Selatan Reviewed by Unknown on 13.50 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.